BAHAN SOAL TRYOUT 1
PEDAGOGIK UMUM
Oleh,
Deni Hardianto
Unik Ambarwati
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN
DIREKTORAT PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN
MENENGAH DAN PENDIDIKAN KHUSUS
2019
SOAL TRYOUT 1
Petunjuk!
1.
Berdo’alah
sebelum mengerjakan soal tryout ini.
2.
Bacalah
butir pertanyaan di bawah ini dengan seksama.
3.
Pilihlah
satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang.
4.
Jika
jawaban benar mendapat nilai 1 dan salah mendapat nlai 0
5.
Bekerjalah
dengan jujur dan percaya pada potensi Anda.
Pertanyaan
1.
Jika
guru akan menyusun indikator dengan tingkatan kognitif menganalisis (C4) pada
mata pelajaran IPA dengan kompetensi dasar “mengklasifikasikan makhluk hidup
dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati”, maka rumusan indikator yang
tepat adalah….
A. Menyeleksi makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya
B. Menggunakan benda-benda yang ada
disekitar dalam kehidupan
C.
Menyebutkan
benda-benda yang ada di sekitar
D.
Menguraikan
makhluk hidup berdasar jenis makanannya
E.
Merangkum
klasifikasi makhluk hidup berdasar pada habitatnya....
2.
Pada
indikator RPP tertulis peserta didik mampu menganalisis bentuk-bentuk kerjasama
ditingkat ASEAN, rumusan tujuan pembelajaran yang tepat untuk indicator
tersebut adalah….
A. Peserta didik mampu menganalisis
bentuk-bentuk kerjasama di tingkat ASEAN berupa kebudayaan, perdagangan, dan
keamanan dengan tepat
B. Peserta didik mampu menganalis bentuk-bentuk kerjasama berupa kebudayaan,
perdagangan, dan keamanan berdasarkan perjanjian yang telah ditetapkan
C. Melalui tayangan video peserta didik
mampu menganalis bentuk – bentuk kerjasama berupa kebudayaan, perdagangan, dan
keamanan berdasarkan perjanjian yang telah ditetapkan
D. Melalui analisis artikel koran peserta
didik mampu menganalis bentuk – bentuk kerjasama berupa kebudayaan,
perdagangan, dan keamanan berdasarkan perjanjian yang telah disepakati
E. Melalui analisis artikel koran peserta
didik mampu menganalis bentuk – bentuk kerjasama berupa kebudayaan, perdagangan,
dan keamanan berdasarkan perjanjian yang telah ditetapkan secara rinci
3.
Pada
proses pembelajaran seorang guru menggunakan strategi pembelajaran
deduktif dan induktif untuk menjelaskan materi pelajaran kepada siswa, strategi pembelajaran deduktif dan
induktif dimaksudkan untuk mengajarkan materi yang sifatnya...
A.
fakta
B.
konsep
C.
keterampilan
D.
prosedur
E.
prinsip
4.
Dalam
pelajaran guru melakukan kegiatan (1) memberikan contoh paragraf dengan topik
kalimat yang diberi tanda garis bawahi, (2) guru meminta siswa untuk menyebutkan nama kalimat yang digaris bawahi.
Ditinjau dari pengelolaan pesannya guru menggunakan strategi….
A.
Deduktif
B.
Induktif
C.
Ekspositori
D.
Inquiry
E.
Heuristik
5.
Dalam
proses pembelajaran guru terkendala dengan cakupan materi yang luas dan banyak
maka pilihan bahan ajar cetak sederhana yang dapat digunakan untuk bahan
belajar mandiri, memberi motivasi, pengingat, memberi umpan balik, dan menilai
hasil belajar adalah….
A. Lembar Kerja Peserta Didik
B. Handout
C. Buku teks
D. Modul
E. Lembar pengayaan
6.
Pada RPP tertulis indikator (1)
peserta didik dapat mengucapkan sapaan, salam, dan perkenalan (2) peserta didik
mampu berbicara sederhana menggunakan kalimat sapaan dan salam. Bentuk
penilaian yang paling tepat adalah….
A.
Penilaian portofolio
B.
Penilaain proyek
C.
Tes pemahaman
D.
Penilaian kerja
E.
Jurnal
7.
Pada
silabus terdapat kompetensi dasar 4.1 data hasil pengukuran dengan alat ukur
yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan
satuan tak baku dan satuan baku,
kegiatan pembelajaran yang paling tepat untuk RPP adalah….
A. Mengumpulkan informasi besaran pokok
dan turunan yang dijumpai sehari-hari
B. Mendiskusikan tentang massa jenis,
energi, dan panjang benda
C. Membandingkan hasil pengukuran benda
dengan satuan baku dan tidak baku
D. Menganalisis perbedaan satuan baku dan
tidak baku
E. Menyajikan hasil percobaan pengukuran
dalam bentuk laporan tertulis
8.
Pada
RPP guru menuliskan kegiatan pembelajaran yaitu mempresentasikan hasil
pengamatan tentang ciri-ciri bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok,
serta menyimpulkan konsep bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok.
Penilaian yang tepat untuk mengukur kemampuan siswa adalah…
A.
Praktik
yang baikbernyanyi
B.
Tes
Konsep dasar bernyanyi
C.
Pengamatan
guru saat bernyanyi
D.
Sikap
siswa saat diskusi
E.
Produk
diskusi siswa
9.
Peserta
didik diminta guru secara berkelompok untuk mengumpulkan data tentang opini
masyarakat sekitar sekolah terhadap dampak penggunaan kantong plastik terhadap
lingkungan, selanjutnya siswa
diminta untuk menampilkan data seberapa banyak katong plastik yang dipakai oleh
masyarakat dan membeikan alternatif untuk menguranginya. Langkah-langkah
pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut merupakan strategi….
A.
Cooperative
B.
Project
based cooperative learning
C.
Discovery
D.
Inquiry
learning
E.
Problem
solving
10. Pak Asep dalam membelajarkan materi IPS
menggunakan tahapan (1) orientasi materi dengan menayangkan video kegiatan
ekspor impor, (2) membagi siswa menjadi 6 kelompok untuk berdiskusi tentang
masalah banyaknya Impor di Indonesia, (3) memberikan kuis, (4) penghargaan
terhadap keompok yang bisa menjawab terbanyak, model pembelajaran yang
digunakan pak Asep adalah…..
A.
Kooperatif
Learning
B.
Problem
Solving
C.
Project
Based Cooperative Learning
D.
Discovery
Learning
E.
Kontekstual
11. Seorang guru hendak menilai kelebihan
dan kelemahan siswa dalam menghargai perbedaan dikelasnya. Untuk menilai hal
tersebut, instrumen yang dapat digunakan guru adalah….
A.
Lembar
observasi
B.
Skala
sikap
C.
Lembar
penilaian diri
D. Lembar penilaian antar teman
E. Jurnal
12.
Salah satu rumusan indikator
ketercapaian tujuan pembelajaran adalah dengan disajikan informasi yang
mengandung beberapa kemungkinan kesimpulan, peserta didik dapat menentukan
kesimpulan yang paling tepat disertai alasannya. Peserta didik mengamati grafik
berisi data tingkat kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. Bentuk penilaian
otentik-holistik yang cocok diterapkan adalah….
A.
Tes uraian
B.
Tes obyektif pilihan
C.
Tes obyektif jawaban singkat
D.
Tes lisan mengungkap proses
penarikan kesimpulan
E.
Tes perbuatan (performance)
13.
Seorang guru menginginkan siswa dapat
melakukan tugas investigasi mulai dari perencanaan, pengumpulan data,
pengorganisasian, pengolahan, analisis, sampai pada penyajian data. Maka jenis
penilaian yang tepat untuk pembeajaran tersebut yaitu….
A. Penilaian proyek
B. Peniaian
kinerja
C. Peniaian
portofolio
D. Penilaian
antar teman
E. Penilaian
diri
14.
Guru
mengajar bidang studi kelas pararel. Karakteristik siswa masing-masing kelas
sangat berbeda, termasuk irama belajarnya. Di akhir pembelajaran guru
mengadakan penilaian. Untuk menentukan kriteria kelulusan, beliau menggunakan
kriteria yang berbeda antara kelas satu dengan lainnya. Kasus tersebut
menunjukkan menggunakan acuan penilaian ….
A.
penilaian
acuan kriteria
B.
penilaian
autentik
C.
penilaian
acuan norma
D.
kriteria
ketuntasan minimal/ ketuntasan belajar minimal
E.
kriteria
belajar tuntas
15.
Berdasarkan hasil tes akhir, guru
menemukan ada 10 dari 30 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM)/Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yang telah ditentukan. Target kurikulum
minimal 80% (24 siswa mencapai KKM/KBM). Manakah langkah paling sesuai
dilakukan guru….
A.
Mengkaji kembali sejauhmana KKM
yang ditetapkan telah sesuai standar nasional
B.
Mengidentifikasi
kelemahan-kelemahan peserta didik dalam pembelajaran
C.
Mengkaji ulang sejauhmana KKM
sesuai dengan daya serap peserta didik
D.
Memacu peserta didik agar mencapai
KKM melalui bimbingan belajar
E.
Merubah KKM berdasarkan rata-rata
hasil belajar
0 Comments
TERIMA KASIH